MENGANALISIS CARA MENGAJAR PPL
Nama :
AGTRI WULANDARI
NIM :
ACC 109
Materi Pelajaran : Ikatan Kovalen
Sekolah : SMA Negeri 1 Palangkaraya
A.
TRANSKRIP
B.
ANALISIS
Ø
Berdasarkan Pilar 4L
No
|
Pilar
|
Aktivitas Belajar
|
Keterangan
|
1
|
Learning to know
|
·
Siswa bertanya kepada
guru tentang hal-hal yang belum diketahui tentang ikatan kovalen.
·
Siswa menjawab
soal-soal pada LKS
·
Perwakilan
kelompok siswa mengerjakan soal LKS di papan tulis
|
Pilar ini sudah tercapai dengan
langkah pembelajaran yang diterapkan. Siswa dapat memperoleh pengetahuan
tentang konsep dasar mengenai ikatan kovalen.
|
2
|
Learning to do
|
·
Siswa mengerjakan
PR
·
Siswa mengerjakan
LKS
·
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok
|
Dengan langkah di samping, siswa
telah mencapai pilar learning to do. Siswa telah melakukan kegiatan yang
mendukung untuk meningkatkan pemahaman tentang ikatan kovalen.
|
3
|
Learning
to be
|
Tidak ada
|
Karena dalam mempelajari ikatan
kovalen, siswa tidak ada melakukan percobaan atau praktikum sehingga siswa
tidak ada mengalami
|
4
|
Learning
to life together
|
·
Siswa
mendiskusikan pengertian ikatan kovalen
·
Siswa
mendiskusikan jenis-jenis ikatan kovalen
|
Siswa telah mencapai pilar learning
to life together dengan bekerja sama yang aktif dalam kelompok masing-masing.
Namun ada sebagian kecil siswa yang masih kurang serius dan membuat
kegaduhan.
|
Ø
Berdasarkan Standar Proses
No
|
Komponen
|
Aktivitas Belajar
|
Keterangan
|
1
|
Interaktif
|
·
Guru bertanya
kepada siswa tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
·
Siswa bertanya
kepada guru tentang perbedaan ikatan ion dan ikatan kovalen
·
Dalam kelompok,
seorang siswa bertanya kepada temannya bagaimana suatu unsur membentuk
kestabilannya
|
Sudah terjadi interaksi yang baik
antara guru dan siswa. Namun, masih ada sebagian kecil siswa yang kurang
serius belajar dengan membuat kegaduhan dalam kelas
|
2
|
Inspiratif
|
·
Siswa berkeinginan
untuk mencoba mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru maupun yang ada
di buku
|
Namun, contoh soal yang diberikan
terbatas, sehingga hanya sebagian kecil siswa saja yang dapat tampil
mengerjakan di depan kelas
|
3
|
Menantang
|
·
Siswa disuruh guru
untuk mencoba mengerjakan soal yang diberikan secara spontan, dan yang
selesai terlebih dahulu akan mengerjakan di depan kelas
|
Siswa sangat antusias untuk
mengerjakan dengan cepat dan tepat
|
4
|
Membangkitkan Partisipasi
|
·
Menilai keaktifan
siswa dalam diskusi kelompok sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam
kegiatan diskusi kelompok
·
Menilai keaktifan
siswa dalam mengerjakan soal di papan tulis
|
Cukup membangkitkan partisipasi
siswa untuk aktif dalam diskusi dan mengerjakan soal di papan tulis. Yang
sering maju akan mendapat nilai tambahan.
|
5
|
Menyenangkan
|
·
Siswa belajar menemukan konsep sendiri ikatan kovalen
·
Siswa menganggap
guru sebagai rekan untuk kerja sama yang dapat memberikan solusi disaat siswa
mengalami kebingungan
|
Dalam hal ini, sebaiknya guru juga
menggunakan media dalam belajar. Karena media akan membantu siswa dalam
mendapatkan gambaran tentang ikatan kovalen
|
6
|
Memberi ruang
a. Prakarsa
|
·
Siswa dapat mencoba
sendiri soal-soal yang berkaitan dengan ikatan kovalen dari buku-buku
penuntun dan sumber lain
|
Hanya sebagian siswa saja yang
berminat untuk hal tersebut.
|
|
b. Kreativitas
|
·
Siswa dapat menggambarkan
ikatan kovalen dengan kreasi sendiri untuk menunjukkan pemakaian elektron
bersama, contohnya dengan menggunakan pulpen berwarna-warni
|
Guru menyuruh siswa untuk dapat
membedakan masing-masing elektron dari suatu atom agar dapat membedakan
elektron masing-masing atom. Dengan demikian akan terlihat proses pemakaian
elektron secara bersama.
|
|
c. Kemandirian
|
·
Siswa dapat mencoba
sendiri soal-soal mengenai ikatan kovalen
|
Namun dapat dipastikan hanya
sebagian siswa saja yang berkeinginan untuk hal itu. Namun guru telah
menyiasatinya dengan memberikan PR untuk dikerjakan dii rumah.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar