salju

Selamat Datang di Blog Guru Kimia

Rabu, 27 Februari 2013

TUJUAN PEMBERIAN TEST

TUJUAN PEMBERIAN TEST
            Anak-anak dengan serius mendengarkan penjelasan guru ketika mengajar di depan kelas, mencatat inti penjelasan guru serta turut aktif dalam proses belajar mengajar. Pada saatnya nanti, sesuai dengan kalender akademik akan melakukan ujian/tes baik UTS (Ujian Tengah Semester), UAS (Ujian Akhir Semester) dan bahkan setiap tahun ujian kenaikan kelas atau kelulusan.
            Dari hal tersebut, muncul pertanyaan di benak kita masing-masing, apakah sebenarnya tujuan pemberian tes kepada siswa? Apakah sang guru ingin mengetahui apa yang diketahui siswa atau justru apa yang tidak diketahui siswa?
            Dengan yakin saya mengatakan bahwa tujuan seorang guru memberikan tes kepada siswa adalah untuk mengetahui apa yang diketahui siswa dari pembelajaran yang telah diberikan guru di dalam kelas.
       
     Namun masih ada pendapat yang mengatakan bahwa guru memberikan tes untuk mengetahui apa yang tidak diketahui siswa. Jika dikatakan demikian, maka muncul beberapa pernyataan:
-         Begitu mudah untuk menguji apa yang tidak diketahui siswa, berikan saja soal yang sulit yang belum pernah dipelajari sebelumnya.
-         Untuk mengetahui apa yang tidak diketahui siswa, lalu apa langkah selanjutnya? Apakah ingin mengulangi materi tersebut hingga siswa bisa menguasai? Bagaimana dengan materi pelajaran yang lainnya yang telah ditargetkan dalam satu semester?
-         Bagaimana dengan siswa yang sudah tahu bahkan sudah bosan materinya diulang terus menerus?
            Ada beberapa alasan yang dapat kita kaji yang berkaitan dengan tes untuk mengetahui apa yang diketahui siswa, diantaranya:
-         Pada hakikatnya, seorang guru mengajar adalah agar siswa dapat berubah menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari perubahan perilaku siswa dari semula yang tidak tahu menjadi tahu.
-         Indikator keberhasilan/pencapaian
Apakah siswa telah berhasil seperti yang gurunharapkan/inginkan?
Apakah guru telah mengajar seperti yang siswa senangi/butuhkan?
-         Pencapaian indikator sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan.
Sesuai dengan kurikulum yang telah dijabarkan oleh seorang guru di dalam RPP, yang mana terdapat indikator pencapaian siswa, apakah indikator tersebut telah tercapai? Hal ini dapat terlihat dari nilai tes yang diperoleh siswa.
-         Korelasi antara apa yang dipelajari dan apa yang dites.
Dalam memberikan tes, seorang guru pastinya akan menguji dari apa yang telah diajarkan. Soal yang diberikan juga biasanya diawali dengan soal yang mudah hingga soal yang sulit.
Sesuai dengan nilai tes, siswa akan mendapatkan ranking. Dengan demikian, mereka yang belajar serius akan merasa dihargai dengan pemberian ranking sebagai tanda keberhasilannya.

Tujuan Pembelajaran Kimia di SMA
Mata pelajaran kimia di SMA/MA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Membentuk sikap positif terhadap kimia dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
2.      Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur,  objektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerjasama dengan orang lain
3.      Memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode ilmiah melalui percobaan atau eksperimen, dimana peserta didik melakukan pengujian hipotesis dengan merancang percobaan melalui pemasangan instrumen, pengambilan, pengolahan dan penafsiran data, serta menyampaikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
4.      Meningkatkan kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat
5.      Memahami konsep,prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi.


1 komentar: