salju

Selamat Datang di Blog Guru Kimia

Rabu, 27 Februari 2013

MENGANALISIS CARA MENGAJAR PPL


MENGANALISIS CARA MENGAJAR PPL
Nama                               : AGTRI WULANDARI
NIM                                  : ACC 109
Materi Pelajaran              : Ikatan Kovalen
Sekolah                            : SMA Negeri 1 Palangkaraya

A.   TRANSKRIP
No
Aktivitas
Guru
Siswa
1
Masuk ke ruang kelas
Duduk di dalam kelas
2
Memberi salam
Menjawab salam
3
Mengabsen siswa
Mengangkat tangan ketika namanya disebutkan guru
4
Menyuruh siswa mengumpulkan PR
Mengumpulkan PR
5
Menanyakan materi pada pertemuan sebelumnya
Siswa mencoba menjawab pertanyaan guru
6
Menyampaikan materi yang akan dipelajari
Memperhatikan guru
7
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Memperhatikan guru
8
Membagi siswa ke dalam kelompok yang berjumlah 4-5 orang
Siswa bergabung ke dalam kelompok
9
Membagi LKS kepada masing-masing siswa dan menjelaskan instruksi pengerjaan  LKS tersebut
Menerima LKS dari guru dan memperhatikan guru menjelaskan instruksi pengerjaan LKS
10
Berkeliling mengamati siswa mengerjakan LKS dan menjelaskan jika ada siswa yang bertanya
Mengerjakan LKS dengan teman sekelompoknya
11
Membahas LKS
Perwakilan kelompok mengerjakan soal di papan tulis dan kelompok lain menanggapi hasill kerja temannya
12
Menjelaskan pembentukan ikatan kovalen tunggal  dengan menggambarkan struktur Lewis di papan tulis karena masih banyak siswa yang kurang paham. Contoh yang digunakan adalah H2 dengan struktur Lewis danmenggunakan spidol yang berbeda warnanya untuk masing-masing elektron atom
Memperhatikan penjelasan guru
13
Menanyakan pengertian ikatan kovalen tunggal
Mencoba menjawab pertanyaan guru
14
Menjelaskan dengan detail ikatan kovalen tunggal dengan menggunakan contoh F2 dan menyuruh siswa langsung mencoba sendiri di buku masing-masing
Mengerjakan soal di buku masing-masing sambil memperhatikan penjelasan guru

15
Memberikan latihan soal ikatan kovalen tunggal (HCl)
Siswa mengerjakan latihan soal
16
Menjelaskan pengertian ikatan kovalen rangkap 2 dan memberikan latihan soal (O2 dan C2H4) serta berkeliling mengamati siswa mengerjakan soal
Mengerjakan latihan soal dan menanyakan kepada guru jika ada yang belum dipahami
17
Menjelaskan pengertian ikatan kovalen koordinasi dengan menggunakan contoh NH3 + H+
Memperhatikan penjelasan guru serta mencatat di buku masing-masing
18
Menanyakan apakah siswa sudah paham (Ada yang ingin ditanyakan?)
Siswa bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami
19
Menutup pelajaran
Mendengarkan guru
20
Membagikan kertas untuk PR
Menerima PR
21
Berdoa pulang
Berdoa pulang
22
Memberi salam penutup
Membalas salam

B.   ANALISIS
Ø  Berdasarkan Pilar 4L
No
Pilar
Aktivitas Belajar
Keterangan
1
Learning to know
·         Siswa bertanya kepada guru tentang hal-hal yang belum diketahui tentang ikatan kovalen.
·         Siswa menjawab soal-soal pada LKS
·         Perwakilan kelompok siswa mengerjakan soal LKS di papan tulis
Pilar ini sudah tercapai dengan langkah pembelajaran yang diterapkan. Siswa dapat memperoleh pengetahuan tentang konsep dasar mengenai ikatan kovalen.
2
Learning to do
·         Siswa mengerjakan PR
·         Siswa mengerjakan LKS
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok
Dengan langkah di samping, siswa telah mencapai pilar learning to do. Siswa telah melakukan kegiatan yang mendukung untuk meningkatkan pemahaman tentang ikatan kovalen.
3
Learning to be
Tidak ada
Karena dalam mempelajari ikatan kovalen, siswa tidak ada melakukan percobaan atau praktikum sehingga siswa tidak ada mengalami
4
Learning to life together
·         Siswa mendiskusikan pengertian ikatan kovalen
·         Siswa mendiskusikan jenis-jenis ikatan kovalen
Siswa telah mencapai pilar learning to life together dengan bekerja sama yang aktif dalam kelompok masing-masing. Namun ada sebagian kecil siswa yang masih kurang serius dan membuat kegaduhan.


Ø  Berdasarkan Standar Proses
No
Komponen
Aktivitas Belajar
Keterangan
1
Interaktif
·         Guru bertanya kepada siswa tentang pembelajaran pada pertemuan sebelumnya
·         Siswa bertanya kepada guru tentang perbedaan ikatan ion dan ikatan kovalen
·         Dalam kelompok, seorang siswa bertanya kepada temannya bagaimana suatu unsur membentuk kestabilannya
Sudah terjadi interaksi yang baik antara guru dan siswa. Namun, masih ada sebagian kecil siswa yang kurang serius belajar dengan membuat kegaduhan dalam kelas
2
Inspiratif
·         Siswa berkeinginan untuk mencoba mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru maupun yang ada di buku
Namun, contoh soal yang diberikan terbatas, sehingga hanya sebagian kecil siswa saja yang dapat tampil mengerjakan di depan kelas
3
Menantang
·         Siswa disuruh guru untuk mencoba mengerjakan soal yang diberikan secara spontan, dan yang selesai terlebih dahulu akan mengerjakan di depan kelas
Siswa sangat antusias untuk mengerjakan dengan cepat dan tepat
4
Membangkitkan Partisipasi
·         Menilai keaktifan siswa dalam diskusi kelompok sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
·         Menilai keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di papan tulis
Cukup membangkitkan partisipasi siswa untuk aktif dalam diskusi dan mengerjakan soal di papan tulis. Yang sering maju akan mendapat nilai tambahan.
5
Menyenangkan
·         Siswa belajar  menemukan konsep sendiri ikatan kovalen
·         Siswa menganggap guru sebagai rekan untuk kerja sama yang dapat memberikan solusi disaat siswa mengalami kebingungan
Dalam hal ini, sebaiknya guru juga menggunakan media dalam belajar. Karena media akan membantu siswa dalam mendapatkan gambaran tentang ikatan kovalen
6
Memberi ruang
a.    Prakarsa
·         Siswa dapat mencoba sendiri soal-soal yang berkaitan dengan ikatan kovalen dari buku-buku penuntun dan sumber lain
Hanya sebagian siswa saja yang berminat untuk hal tersebut.

b.   Kreativitas
·         Siswa dapat menggambarkan ikatan kovalen dengan kreasi sendiri untuk menunjukkan pemakaian elektron bersama, contohnya dengan menggunakan pulpen berwarna-warni
Guru menyuruh siswa untuk dapat membedakan masing-masing elektron dari suatu atom agar dapat membedakan elektron masing-masing atom. Dengan demikian akan terlihat proses pemakaian elektron secara bersama.

c.   Kemandirian
·         Siswa dapat mencoba sendiri soal-soal mengenai ikatan kovalen
Namun dapat dipastikan hanya sebagian siswa saja yang berkeinginan untuk hal itu. Namun guru telah menyiasatinya dengan memberikan PR untuk dikerjakan dii rumah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar